Rabu, 07 Desember 2011

ADA YANG GRESS PADA “DIA BERMUTU” TAHUN II

Program DIA BERMUTU merupakan program insentif untuk peningkatan status akreditasi, yang dilatar belakangi oleh keinginan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dasar melalui penyelenggaraan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Program ini memiliki karakteristik dalam penyelenggaraannya, yaitu mensyaratkan kemitraan dalam hal proses maupun hasilnya. Kesuksesan mencapai target program harus terlaksana pada kedua prodi yang bermitra.

Program studi PGSD dengan prodi Pendidikan Biologi FKIP UMM telah berhasil mengimplementasikan DIA BERMUTU tahun I (2010/2011). Dalam implementasi tahun I ini PGSD telah mencapai target terakreditasi C pada awal tahun 2011, sedangkan prodi Pendidikan Biologi terakreditasi A pada akhir tahun 2011. Walaupun kekuatan program dan dana yang teralokasikan baru 20 %, akan tetapi berkat kerjasama yang solid dari kedua prodi, pencapaian targetnya telah mencapai 100%.

Program DIA BERMUTU tahun II (2011/2012) ini supporting dananya teralokasikan 30% dari total anggaran. PGDS berupaya lebih keras lagi untuk meningkatkan status akreditasi menjadi B. Sementara itu prodi Biologi akan meningkatkan skore AKA untuk mempertahankan status akreditasi yang telah dicapai. Rencana implementasi program DIA BERMUTU tahun kedua telah disepakati tim Reviewer di Hotel Equator Surabaya dan kontraknya telah ditandatangani oleh Pembantu Rektor II Universitas Muhammadiyah Malang pada tanggal 25 Juli 2011.

Bulan Oktober dan November 2011 ini adalah peak season kegiatan DIA BERMUTU. Sejumlah kegiatan seperti pengadaan peralatan dan referensi, pemagangan dosen, pemanfaatan tenaga ahli, lokakarya dan hibah penelitian dan pengajaran dilaksanakan mulai bulan tersebut. Ada lima lokakarya penting yang dikerjakan dengan support DIA BERMUTU, yaitu lokakarya penyempurnaan kurikulum, lokakarya lesson study dan lokakarya pengabdian masyarakat. Ketiga lokakarya tersebut berbasis di prodi PGSD. Sementara itu dua lokakarya promosi mahasiswa baru dan lokakarya pengembangan alumni merupakan lokakarya yang berbasis di program studi Pendidikan Biologi. (Ly/Ikom/08220157).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar