Rabu, 14 Desember 2011

Wisudawati Terbaik Pendidikan Biologi , Inginkan Jadi Guru


Nama lengkapnya Nanik Puspawati. Gadis kelahiran Balung Tawun Pekanbaru 22 tahun yang lalu ini merupakan wisudawati terbaik periode IV di Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Dia berhasil meraih nilai tertinggi dengan IPK 3,76. Saat ditemui di kantor Prodi Biologi beberapa waktu yang lalu, gadis berkulit sawo matang ini mengungkapkan bahwa dia tidak pernah menyangka akan menjadi wisudawati terbaik di Prodi Pendidikan Biologi periode IV tahun ajaran 2011-2012. “ Saya pribadi juga kaget dan tidak menyangka kalau akan menjadi wisudawati terbaik periode ini. Padahal cara belajar saya juga biasa-biasa saja”, ungkapnya.

Untuk skripsinya sendiri, gadis berjilbab ini mengangkat tema yang tidak jauh dari studi yang sedang ditempuhnya yaitu pendidikan Biologi. Hanya saja, dia lebih memfokuskan pada penelitian tindakan kelas. Skripsinya yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based-Learning Dipadukan Dengan Strategi Inquiry Untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Biologi” ini merupakan penelitian yang dia lakukan di MAN 3 Malang, salah satu sekolah di Kota Malang yang juga merupakan tempat dimana dia PPL. Dalam penelitiannya, dia meneliti tentang ketidak mampuan siswa terhadap pembelajaran yang telah diterapkan oleh guru di sekolahnya. Untuk obyek penelitiannya sendiri, adalah siswa kelas XI MAN 3 Malang. Penelitian yang dilakukan selama kurang lebih tiga minggu ini, juga ikut mengantarkan gadis yang akrab disapa Nanik ini menjadi wisudawati terbaik periode IV tahun ajaran 2011-2012.

Ketika ditanya tentang rencana kedepannya setelah mendapat gelar sarjana gadis yang hobi membaca ini bercita-cita untuk menjadi guru dan ingin melanjutkan studinya ke tingkat yang lebih tinggi (S2) di Padang. “ Setelah saya diwisuda dan bergelar sarjana, saya ingin menerapkan ilmu yang saya dapat selama menempuh studi di UMM. Saya ingin menjadi guru Biologi yang profesional dan menyenangkan bagi murid-murid saya,” tukasnya. “Selain itu, saya juga ingin melanjutkan studi S2 di Padang. Karena itu merupakan keinginan saya dan orang tua,” ungkap gadis yang pernah bergabung di Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Biologi UMM ini.

Banyak pengalaman dan kesan yang dia dapatkan selama menempuh studi di Pendidikan Biologi UMM. Menurutnya, para dosen di Pendidikan Biologilah yang telah membuatnya menjadi seperti sekarang dan berhasil memperoleh nilai yang membanggakan. “Semua dosen di Pendidikan Biologi sangat menyenangkan dan selalu mendidik, memberikan pengetahuan dengan baik kepada mahasiswanya termasuk saya,” tukasnya. Gadis pendiam ini sangat menyukai Biologi sejak masih duduk di bangku sekolah. Untuk itulah, dia memilih Program Studi Pendidikan Biologi UMM, untuk merealisasikan kesukaannya tersebut. Dan berkat ketekunannya, dia berhasil memperoleh nilai (IPK) yang memuaskan. Motto hidupnya, adalah jadilah diri sendiri, Karena menurutnya, hanya diri kita sendirilah yang mengetahui seperti apa diri kita. Jangan pernah berubah untuk menjadi orang lain. Dan untuk mencapai kesuksesan, kita harus tetap semangat, pantang menyerah, sabar dan terus berusaha dan berdoa. (NRB/IKOMPR08)


Biodata :

Nama Lengkap : Nanik Puspawati

Tempat,Tanggal Lahir : Balung Tawun, 15 Desember 1989

Alamat di Malang : Perumahan Landungsari Asri Blog D. Nomor 77 A

Email / Facebook : kinan.puspa@yahoo.com /nanikpuspa

Hoby : Membaca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar